PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK BERBASIS FLIPBOOK YANG BERORIENTASI PADA MODEL PEMBELAJARAN PjBL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI FINANSIAL SISWA SEKOLAH DASAR

Yusuf, Anwar Sultan (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK BERBASIS FLIPBOOK YANG BERORIENTASI PADA MODEL PEMBELAJARAN PjBL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI FINANSIAL SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Anwar Sultan Yusuf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk yaitu bahan ajar e-book berbasis flipbook yang berorientasi pada model pembelajaran PjBL (project based learning) untuk meningkatkan literasi finansial siswa sekolah dasar. Melalui bahan ajar e-book ini diharapkan dapat menambah pemahaman siswa tentang indikator literasi finansial. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya bahan ajar pendukung tentang literasi finansial di sekolah dasar dan kurangnya pemahaman siswa mengenai literasi finansial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Design and Development (D&D) yang dikembangkan oleh Richey and Klein. Tahapan dalam melalukan penelitian ini terdiri dari analyze, design, development, implementation, evaluation (ADDIE). Instrumen yang digunakan adalah wawancara, test, angket, dan validasi ahli. Pendekatan penelitian dilakukan dengan mengolah nilai angket dari ahli dan mendeskripsikan saran dan kritik yang diberikan ahli guna mengevaluasi dan meningkatkan kualitas bahan ajar e-book. Validasi ahli dilakukan kepada ahli materi dan ahli media. Penilaian ahli dihitung menggunakan skala likert untuk mengetahui kelayakan produk. Hasil presentase rata-rata validasi dari ahli materi dan media yaitu, 98% dengan kategori sangat layak. Angket respon siswa dan guru diberikan untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar e-book. Hasil rata-rata uji respon siswa dan guru yaitu, 92.4% dengan kategori sangat praktis. Bahan ajar e-book juga diujicobakan kepada siswa melalui wawancara dan diadakan pre-test, post-test. Hasil wawancara menunjukkan tanggapan positif siswa terhadap bahan ajar e-book. Hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan hasil pre-test dan post-test dari rata-rata nilai sebesar 53.8 menjadi 75. Dari hasil tersebut, bahan ajar e-book ini dapat dikategorikan layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan pemahaman literasi finansial siswa di sekolah dasar. Kata kunci: Pengembangan bahan ajar e-book, literasi finansial, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Mar 2025 03:34
Last Modified: 11 Mar 2025 03:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86144

Actions (login required)

View Item View Item