PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SE-GUGUS V KAPANEWON PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Hermawan, Rizky (2025) PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SE-GUGUS V KAPANEWON PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Rizky Hermawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui seberapa besar prestasi belajar siswa; (2) Mengetahui seberapa besar tingkat keterlibatan orang tua dalam belajar siswa; (3) Mengetahui pengaruh keterlibatan orang tua dalam belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SDN se-Gugus V Kapanewon Pengasih pada Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi yang diteliti terdiri dari siswa kelas IV SD negeri se-Gugus V di Kapanewon Pengasih, yang berjumlah 73 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, di mana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi, yang telah diuji untuk validitas dan reliabilitas cronbach’s alpha sebesar 0.803. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif serta pengujian hipotesis menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, keterlibatan orang tua dalam belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Variabel keterlibatan orang tua dalam belajar memberikan kontribusi sebesar 32,3% terhadap prestasi belajar. Siswa dengan tingkat keterlibatan orang tua dalam belajar yang tinggi cenderung mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Sebaliknya, siswa dengan keterlibatan orang tua dalam belajar yang rendah menunjukkan prestasi belajar yang juga rendah. Persentase keterlibatan orang tua dalam belajar siswa kelas IV di SD Negeri se-Gugus V Kapanewon Pengasih berada pada kategori tinggi, yaitu sebesar 36,99%. keterlibatan orang tua dalam belajar yang tinggi ini berdampak positif pada kemampuan belajar anak. Hal ini sejalan dengan prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri se-Gugus V Kapanewon Pengasih, di mana sebagian besar siswa berada dalam kategori tuntas, mencapai 73%. Kata Kunci: Keterlibatan Orang Tua, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Mar 2025 03:03
Last Modified: 11 Mar 2025 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86143

Actions (login required)

View Item View Item