PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW MATERI NORMA DALAM KEHIDUPANKU KELAS V SD

Juniarti, Tri Mugni (2025) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW MATERI NORMA DALAM KEHIDUPANKU KELAS V SD. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Tri Mugni Juniarti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan model cooperative learning tipe jigsaw pada materi norma dalam kehidupanku untuk kelas V SD; (2) Mengetahui kepraktisan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan model cooperative learning tipe jigsaw pada materi norma dalam kehidupanku untuk kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di 5 Sekolah Dasar yaitu SDN Kasihan, SDN 1 Padokan, SDN Bangunjiwo, SDN Kasongan, dan SDN Sembungan. Teknik pengumpulan data yang igunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. LKPD dengan model cooperative learning tipe Jigsaw dikembangkan melalui tujuh tahapan berdasarkan prosedur pengembangan Borg & Gall. Tahapan pengembangan yang dilakukan yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) pengujian lapangan awal, (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan utama, dan (7) penyempurnaan produk hasil uji coba. LKPD dinyatakan layak dan sangat praktis untuk pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SD. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi madia dengan memperoleh persentase 83% dalam kategori layak dan validasi materi dengan memperoleh persentase 86% dengan kategori sangat layak. Hasil perolehan persentase pada uji coba lapangan utama 92% dari guru dengan kategori sangat praktis dan memperoleh 86% dari siswa dengan kategori sangat praktis. Kata Kunci : Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Norma dalam Kehidupanku

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Mar 2025 02:14
Last Modified: 11 Mar 2025 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86138

Actions (login required)

View Item View Item