PENGEMBANGAN MEDIA PAPIGIAN PADA MATERI PEMBAGIAN UNTUK MENINGKATKAN KONSEP PEMBAGIAN SISWA KELAS III SD NEGERI BANARAN

Pratiwi, Navita Windi Dwi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PAPIGIAN PADA MATERI PEMBAGIAN UNTUK MENINGKATKAN KONSEP PEMBAGIAN SISWA KELAS III SD NEGERI BANARAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Navita Windi Dwi Pratiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bernama PAPIGIAN (Papan Pintar Pembagian) yang layak, praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi pembagian untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terdapat di kelas III SD Negeri Banaran yaitu kurangnya pemahaman siswa mengenai konsep pembagian pada pengurangan berulang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D). Adapun model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch pada tahun 2009. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Banaran, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Subjek implementasi pertama adalah 3 siswa dan subek implementasi kedua adalah 17 siswa kelas III. Penggunaan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket validasi media, angket validasi materi, angket respon guru, angket respon siswa. Data hasil penelitian tersebut selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran media PAPIGIAN dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas III sekolah dasar. Hasil kelayakan validasi materi endapatkan skor rata-rata 4,53 (skala 1-5). Hasil kelayakan validasi media mendapatkan skor rata-rata 4,5 (skala 1-5). Hasil uji kepraktisan oleh siswa mendapatkan skor rata-rata 2,8 (skala 1-3). Hasil uji kepraktisan oleh guru mendapatkan skor 4,66 (skala 1-5). Berdasarkan hasil perhitungan pre-test dan post-test menunjukkan bahwa media PAPIGIAN memilik skor 0,81 dengan presentase 81,24%. Kata Kunci: PAPIGIAN, Pembagian, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Mar 2025 01:58
Last Modified: 11 Mar 2025 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86136

Actions (login required)

View Item View Item