ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 101802 NAMORAMBE

Bangun, Febry Mely Herlany (2025) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 101802 NAMORAMBE. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Febry Mely Herlany Bangun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar serta faktor pendukung dan penghambat kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V SDN 101802 Namorambe. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian mix method (metode campuran) antara kuantitatif dengan kualitatif. Adapun yang menjadi responden pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 101802 Namorambe. Pengambilan data digunakan dengan menggunakan angket untuk mengetahui kemandirian belajar pada pembelajaran IPAS. Kemudian dilanjutkan dengan tahap wawancara yang bertujuan untuk memperkuat data dari hasil observasi yang diperoleh. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data kemandirian belajar siswa pada pembelajaran IPAS yang dilihat berdasarkan tiga indikator kemandirian belajar dibagi dalam tiga kategori yaitu kategori tinggi, sedang dan rendah. Mengacu pada ketiga indikator tersebut maka kemandirian belajar siswa menunjukkan 4 atau 29% siswa memiliki kemandirian belajar yang tinggi, 8 atau 57% siswa memiliki kemandirian belajar yang sedang dan 2 atau 14% siswa memiliki kemandirian belajar yang rendah. Artinya kemandirian belajar siswa berada pada kategori sedang hal ini ditunjukan 57% dari 14 siswa berada pada kategori sedang. Hal tersebut membuktikan bahwa capaian indikator kemandirian belajar belum tercapai secara utuh. Terdapat faktor pendukung karakter kemandirian belajar siswa diantaranya motivasi yang membuat peserta didik menjadi lebih semangat untuk mengikuti pembelajaran dengan mandiri. Fasilitas dan prasarana menjadi hal yang penting dan sangat mendukung dalam menunjang proses pembentukan kemandirian belajar siswa. Selain itu guru yang berkulitas juga menjadi penentu keberhasilan dalam pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat terbentuknya kemandirian belajar siswa adalah rendahnya kepercayaan akan kemampuan dirinya sehingga segala sesuatu yang dilakukan menjadi ragu ragu. faktor penghambat lainnya disebabkan oleh rendahnya kemampuan bersosialisasi individu. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Percaya Diri, Disiplin, Tanggung Jawab, IPAS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Mar 2025 01:51
Last Modified: 11 Mar 2025 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86135

Actions (login required)

View Item View Item