KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO

Amalina, Harjanti (2012) KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108244123.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108244123.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108244123.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108244123.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108244123.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri se- Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2012. Populasi pada penelitian sejumlah 339 siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Kokap. Sampel penelitian sebanyak 68 siswa yang tersebar di 32 SD Negeri di Kecamatan Kokap. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Teknik pengumpulan data kemampuan membaca pemahaman dan variabel prestasi belajar IPS dengan tes. Setelah data diperoleh, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif dan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis korelasi Product Moment antara kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar IPS diperoleh r xy (0,618) > r tabel (0,306) pada taraf signifikansi 0,01 (1%). Dari hasil analisis tersebut berarti tingkat korelasi antara kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri se-Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo termasuk kategori kuat. Kata kunci: kemampuan membaca pemahaman, prestasi belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca pemahaman, prestasi belajar IPS
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 03:23
Last Modified: 29 Jan 2019 17:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8609

Actions (login required)

View Item View Item