PELAYANAN PUBLIK DALAM PROSES PENGURUSAN PERIZINAN DI KABUPATEN CILACAP

Hanif Dewi, Wardhani (2012) PELAYANAN PUBLIK DALAM PROSES PENGURUSAN PERIZINAN DI KABUPATEN CILACAP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 08401244039.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08401244039.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08401244039.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08401244039.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08401244039.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan proses perizinan di Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Cilacap, (2) berbagai hambatan yang dihadapi Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Cilacap dalam proses perizinan, (3) upaya yang dilakukan Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Cilacap dalam menghadapi hambatan-hambatan dalam proses perizinan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan penentuan subjek penelitian mengggunakan teknik purposive yang terdiri dari Kepala Sub Bagian Perencanaan Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Cilacap, Kepala Sub Bagian Pelayanan Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Cilacap, seorang petugas pelayanan perizinan IMB dan izin lokasi Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Cilacap, seorang petugas pelayanan perizinan izin reklame dan izin gangguan, dan lima orang perwakilan dari masyarakat. Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi, teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisi datanya mencakup reduksi data, unitisasi dan kategorisasi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bahwa pelayanan publik dalam proses pengurusan perizinan di Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Cilacap dalam hal prosedur dalam pelayanan perizinan IMB, SIUP, izin lokasi, izin gangguan, dan izin reklame sudah dilakukan sesuai dengan prosedur pelayanan (2) Kendala yang dihadapi Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Cilacap yaitu arana dan prasarana yang menunjang dalam proses pelayanan perizinan seperti komputer mengalami kerusakan, kurang lengkapnya persyaratan administrasi pemohon, adanya keterbatasan pegawai dalam memanfaatkan teknologi modern; (3) upaya-upaya yang dilakukan yaitu mensosialisasikan informasi mengenai prosedur pelayanan perizinan dan persyaratan setiap perizinan melalui website di http://www.kpptkabclp.go.id dan membagikan selebaran-selebaran ke masyarakat, memberikan kuisioner mengenai kinerja Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Cilacap secara berkala sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 03:23
Last Modified: 29 Jan 2019 17:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8608

Actions (login required)

View Item View Item