Pangesti, Anisa Dian (2025) PENGARUH SISTEM FULLDAY SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER KREATIF DI SD IT SALSABILA 5 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
SKRIPSI_ANISA DIAN PANGESTI FIKSSS.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem fullday school terhadap pembentukan karakter kreatif di SDIT Salsabila 5 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Dalam penelitan ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dna dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik dari kelas III. IV dan V SDIT Salsabila 5 Purworejo yang berjumlah 225. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 144 peserta didik menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling yang dihitung mengguanakn rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji koefisien determinan, analisis regresi linier sederhana, dan uji t menggunakan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara sistem fullday school terhadap pembentukan karakter kreatif. Hal ini berdasarkan hasil nilai koefisien korelasi sebesar 0,763 dengan sig 0,000 < 0,05. Nilai koefisien korelasi yang diperoleh bernilai positif berarti dengan adanya sistem fullday school dapat meningkatkan karakter kreatif peserta didik. Adapun besaran sumbangan pengaruh variabel fullday school terhadap pembentukan karakter kreatif sebesar 12%., sisanya dipengaruhi hal lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci: Fullday School, Karakter Kreatif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 03:23 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 03:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86068 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |