PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI VIDYA QASANA JETIS, YOGYAKARTA

Hastuti, Cindy Widya (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI VIDYA QASANA JETIS, YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Fulltext Skripsi Cindy Widya Hastuti (20108241120).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat serta keterampilan dalam pembelajaran menulis teks narasi pada siswa kelas III SD Negeri Vidya Qasana. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi siswa menggunakan media pembelajaran gambar seri pada siswa kelas III SD Negeri Vidya Qasana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan desain penelitian yang berpedoman pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan meliputi tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Vidya Qasana yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif teknik rerata dan deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks narasi dapat ditingkatkan melalui penggunaan media gambar seri pada siswa kelas III SD Negeri Vidya Qasana. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kualitas proses pembelajaran dan nilai rata-rata serta persentase ketuntasan siswa. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa sebesar 51,6 dengan persentase siswa tuntas sebanyak 23%. Selanjutnya pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 65,21 dengan persentase siswa tuntas sebanyak 62,50%. Setelah dilakukan refleksi dan upaya perbaikan pada siklus I, pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 75,73 dengan persentase siswa tuntas sebanyak 81%. Kata kunci: keterampilan menulis, teks narasi, gambar seri, kelas III

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Mar 2025 02:18
Last Modified: 07 Mar 2025 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86043

Actions (login required)

View Item View Item