PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK DAN SINTETIK (SAS) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI JLEGONG, KABUPATEN BANJARNEGARA

Hendriyana DW, Nayla Devi (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK DAN SINTETIK (SAS) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI JLEGONG, KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Nayla Devi Hendriyana DW_21108244060.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan pada peserta didik yang mengalami kesulitan membaca. Salah satu penyebab utama masalah ini adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memabaca permulaan dengan menerapkan metode struktural analitik sintetik (SAS) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II di SD Negeri Jlegong, Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II yang berjumlah 10 peserta didik SD Negeri Jlegong. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes kemampuan membaca, lembar observasi pendidik, lembar observasi peserta didik. Teknik analisi data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah skor rata-rata kelas dalam kemampuan membaca mencapai ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunakan metode SAS dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Hasil tes kemampuan membaca pada hasil diagnosa awal sebesar 49,38%, siklus I meningkat sebesar 60%, dan siklus II sebesar 78,13%. Sehingga metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berhasil meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II SD Negeri Jlegong, Kabupaten Banjarnegara. Kata Kunci : bahasa Indonesia, kemampuan membaca, metode SAS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Mar 2025 04:15
Last Modified: 06 Mar 2025 04:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86017

Actions (login required)

View Item View Item