Rozan, Hanifah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAMANHAJI (PAPAN PERMAINAN HAK DAN KEWAJIBAN) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS III SD MUHAMMADIYAH DEMANGREJO KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Tugas Akhir Skripsi Hanifah Rozan.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan media pembelajaran PAMANHAJI (Papan Permainan Hak dan Kewajiban), 2) mengetahui kelayakan produk media pembelajaran PAMANHAJI (Papan Permainan Hak dan Kewajiban), 3) mengetahui kepraktisan produk media pembelajaran PAMANHAJI (Papan Permainan Hak dan Kewajiban). Media ini dikembangkan untuk materi hak dan kewajiban bagi peserta didik kelas III di SD Muhammadiyah Demangrejo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dan menggunakan tiga tahap pengembangan, yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), dan Development (Pengembangan). Subjek uji coba penelitian adalah 21 peserta didik dan guru kelas III SD Muhammadiyah Demangrejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan skala penilaian. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, angket analisis kebutuhan awal peserta didik, skala penilaian ahli materi, skala penilaian ahli media, skala penilaian uji kepraktisan guru, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media PAMANHAJI layak dan praktis untuk digunakan pada materi Hak dan Kewajiban kelas III SD Muhammadiyah Demangrejo. Kelayakan media diperoleh dari hasil validasi ahli materi dengan skor rata-rata 4,86 kategori “Sangat Layak” serta validasi ahli media dengan skor rata-rata 4,53 kategori “Sangat Layak”. Kepraktisan media pembelajaran diperoleh dari uji kepraktisan guru dan respon peserta didik pada saat uji coba. Hasil skor rata-rata uji kepraktisan guru tahap I adalah 4,93 kategori “Sangat Praktis” dan pada uji kepraktisan tahap II adalah 5 kategori “Sangat Praktis”. Sementara untuk hasil skor rata-rata peserta didik pada uji coba kelompok kecil adalah 4,66 kategori “Sangat Praktis” dan uji coba lapangan adalah 4,72 kategori “Sangat Praktis”. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Papan Permainan, Hak dan Kewajiban
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:16 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 03:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86012 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |