FEBRIANINGRUM, IMELDA (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN MELALUI MEDIA PAPAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 7 NGRAYUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Artikel Skripsi_Imelda Febrianingrum_21108244030_PGSD.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 7 Ngrayun materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama serta pecahan senilai melalui media papan pecahan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 7 Ngrayun yang berjumlah 15 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi yang berlangsung dalam dua siklus. Siklus pertama dan kedua masing-masing dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar wawancara, lembar observasi, tes tertulis, dan dokumen foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan pecahan dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama serta pecahan senilai dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 7 Ngrayun tahun ajaran 2024/2025. Media papan pecahan meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa dari 66,33 pada siklus I menjadi 77,33 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebanyak 10 siswa dengan persentase 66,67% kemudian menjadi 13 siswa dengan persentase 86,67% pada siklus II. Hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 71,25% menjadi 92,5% dan aktivitas siswa meningkat dari 66,25% menjadi 90%. Kata Kunci : hasil belajar, materi pecahan, papan pecahan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 03:07 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 03:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85998 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |