PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATERI PANCASILA DI SDN 2 BIRIT

Yustria Yasmine, Tsamara Khansa (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATERI PANCASILA DI SDN 2 BIRIT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Tsamara Khansa Y.Y_21108241097_Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis android pada materi Pancasila dengan nama aplikasi ‘Belajar Pancasila’ yang layak dan praktis untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV. Pengembangan multimedia interaktif berbasis andoroid pada materi Pancasila kelas IV menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, development, dan disseminate. Namun, tahapan dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap development karena keterbatasan peneliti dalam melaksanakan tahap disseminate. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan 8 peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Birit. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis android pada materi Pancasila dinyatakan layak dan praktis untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV. Kelayakan dan kepraktisan tersebut ditinjau berdasarkan hasil validasi ahli materi, validasi ahli media, penilaian respon guru, dan penilaian respon peserta didik. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 4,71 dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli media memperoleh ratarata 4,87 dengan kategori “sangat layak”. Hasil penilaian respon guru pada uji coba perorangan memperoleh rata-rata 4,8 dengan kategori “sangat praktis” dan rata-rata 5 pada uji coba kelompok kecil dengan kategori “sangat praktis”. Hasil penilaian respon peserta didik pada uji coba perorangan memperoleh rata-rata 4,1 dengan kategori “praktis” dan rata-rata 4,6 pada uji coba kelompok kecil dengan kategori “sangat praktis”. Kata kunci: aplikasi android, multimedia interaktif, pancasila

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Mar 2025 02:30
Last Modified: 05 Mar 2025 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85974

Actions (login required)

View Item View Item