Risna, Atikah (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SISWA KELAS IV SD NEGERI SURYODININGRATAN 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
SKRIPSI ATIKAH.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri Suryodiningratan 2. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif Pendidikan Pancasila menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SD Negeri Suryodiningratan 2. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Suryodiningratan 2, yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD Negeri Suryodiningratan 2 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang ditandai dengan meningkatnya presentase hasil belajar kognitif siswa. Rata-rata hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada pra siklus adalah 51,28 dengan presentase 28% siswa yang mencapai KKM, kemudian ratarata siklus I adalah 70,2 dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebanyak 64%. Setelah dilakukan refleksi dan upaya perbaikan pada siklus I, pada siklus II hasil belajar kognitif siswa meningkat dengan rata-rata hasil belajar kognitif siswa adalah 81,4 dan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 84%. Kata kunci: hasil belajar kognitif siswa, Model pembelajaran kooperatif tipe STAD
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 02:19 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 02:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85973 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |