PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MELAKSANAKAN KOMUNIKASI BISNIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA KELAS X AKUNTANSI SMK YPKK 3 SLEMAN

Ferliyanti (2012) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MELAKSANAKAN KOMUNIKASI BISNIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA KELAS X AKUNTANSI SMK YPKK 3 SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 08402244013.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08402244013.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08402244013.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08402244013.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08402244013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Standar Kompetensi Melaksanakan Komunikasi Bisnis di kelas X Akuntansi SMK YPKK 3 Sleman melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menerapkan model penelitian dari Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan tindakan), observating (pengamatan), dan reflecting (refleksi). Setting penelitian ini dilaksanakan di SMK YPKK 3 Sleman pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK YPKK 3 Sleman yang berjumlah 26 orang. Obyek dari penelitian ini adalah partisipasi pada pembelajaran Standar Kompetensi Melaksanakan Komunikasi Bisnis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes hasil belajar dan wawancara, sedangkan instrument penelitiannya adalah lembar observasi, catatan lapangan, dokumentasi, tes hasil belajar dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team assisted Individualization mampu meningkatkan partisipasi pada pembelajaran Standar Kompetensi Melaksanakan Komunikasi Bisnis di kelas X Akuntansi SMK YPKK 3 Sleman. Hal ini terbukti dari hasil observasi peningkatan partisipasi belajar siswa pada siklus II dimana semua indikator untuk partisipasi siswa telah mengalami peningkatan dan mencapai kriteria yang ditentukan. Rata-rata partisipasi siswa pada siklus I 37,17% dan siklus II menjadi 68,53% dengan peningkatan sebesar 31,36%. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa jumlah siswa yang memperoleh ketuntasan belajar (nilai ≥ 72) pada siklus I sebanyak 50% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 96,15 %. Pada siklus I rata-rata nilai kelas mencapai 74,75 dan pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 84,23. Kata Kunci: Partisipasi, Model pembelajaran Kooperatif, Team Assisted Individualization

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Model pembelajaran Kooperatif, Team Assisted Individualization
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 17:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8596

Actions (login required)

View Item View Item