Rohmawati, Suci (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI JARAKAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Suci Rohmawati_21108244042_TAS Yudisium.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri Jarakan. Aspek yang diteliti yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jarakan. Subjek dalam penelitian ini yaitu SD Negeri Jarakan dengan narasumber kepala sekolah, pendidik dan tim pengembang kurikulum. Teknik pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data dianalisis dengan teknik analisis data Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka sudah terlaksana mulai dari aspek perencanaan kurikulum, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran serta pelaksanaan P5. Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Jarakan masih terdapat beberapa kendala dan tantangan yang terjadi, sekolah juga sudah mengupayakan beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kata kunci: Analisis, Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 07:47 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 07:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |