Febryawan, Sigit (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FPB KPK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
SKRIPSI FINAL.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran video animasi matematika yang praktis digunakan dalam pembelajaran. Materi yang dimuat pada media pembelajaran adalah pemahaman konsep FPB KPK. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D. Model pengembangan 4-D (Four D) merupakan model pengembangan perangkat pembelajaran yang terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek uji coba dari penelitian ini adalah guru kelas. Ujicoba dalam penelitian ini dilakukan dengan cara validasi oleh guru kelas terkait penggunaan media pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar instrumen validasi guru kelas. Hasil penelitan adalah produk video animasi yang praktis. kepraktisan produk diperoleh dari hasil penilaian guru sebagai subjek uji coba dengan nilai presentase 90% dan 84 % yang kemudian media pemberlajaran video animasi yang dikembangkan dinyatakan “sangat praktis” untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci : media pembelajaran, video animasi, pemahaman konsep FPB KPK
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 07:40 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 07:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |