EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA HASIL BELAJAR IPAS DI SDN GEDONGKIWO YOGYAKARTA

Putri, Windu Adela (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA HASIL BELAJAR IPAS DI SDN GEDONGKIWO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Windu Adela Putri_21108241037_Tugas Akhir Skripsi. (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui hasil belajar IPAS peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan media Assemblr edu; (2) Mengetahui efektivitas penggunaan media Assemblr Edu berbasis Augmented Reality pada hasil belajar IPAS di SD Gedongkiwo;(3) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPAS peserta didik pada kelompok media Assemblr Edu dan media powerpoint. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi experimental design bentuk Nonequivalent control group design yang melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Kelas eksperimen diberikan treatment dengan ,menggunakan media Assemblr Edu sedangkan kelas kontrol dengan media powerpoint. Pengunpulan data dilakukan dengan observasi dan pemberian soal pretest dan postest di setiap kelas. Analisis data untuk tes menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Assemblr Edu dalam pembelajaran IPAS materi siklus air pada peserta didik kelas V kelas eksperimen SDN Gedongkiwo berjalan baik dan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran terbukti dari perolehan skor akhir/ post-test pada kelas eksperimen hasilnya baik dan cukup meningkatkan hasil belajar siswa ; (2) Penggunaan media powerpoint pada peserta didik kelas kontrol SDN Gedongkiwo tidak terlalu berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS materi siklus air. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai pretest dan posttest pada kelas kontrol yang memperoleh hasil tidak jauh berbeda; (3) Media Assemblr Edu terbukti cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman materi siklus air dalam mata pelajaran IPAS terjadi perbedaan yang signifikan antara kelas eskperimen yang menggunakan media Assemblr Edu dan kelas kontrol yang menggunakan media powerpoint. Kata kunci : Media Assemblr Edu, Hasil Belajar IPAS, Perbedaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Mar 2025 02:45
Last Modified: 04 Mar 2025 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85923

Actions (login required)

View Item View Item