Utami, Prihma Sinta and Marzuki, Marzuki (2024) Penguatan Karakter Siswa Melalui Penggalian Nilai Karakter Kewarganegaraan pada Tokoh Budaya Lokal Reyog Ponorogo yang Terintegrasi dalam Kurikulum IPS. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi_prihma sinta utami_20703261048.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) menemukan karakteristik masing- masing tokoh Reyog Ponorogo; 2) menganalisis wujud implementasi nilai karakter kewarganegaraan pada tokoh Reyog Ponorogo; 3) menganalisis jenis nilai-nilai karakter kewarganegaraan pada cerita yang dapat diintegrasikan dalam muatan kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS); 4) menghasilkan desain konseptual integrasi nilai karakter kewarganegaraan pada cerita Reyog Ponorogo dengan kurikulum IPS SMP sebagai penguatan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode hermeneutik. Kajian penelitian ini merupakan hasil pengkajian dan penafsiran dari salah satu buku teks tentang cerita Reyog Ponorogo versi Bantarangin yang tertulis dalam buku “Babad Ponorogo” karangan R.A. Surodiningrat yang ditulis kembali oleh Purwowiyono (1985). Metode hermeneutik dalam penelitian ini menggunakan perspektif hermeneutik Dante, dengan langkah-langkah: 1) studi pendahuluan; 2) pemahaman tentang Reyog Ponorogo; 3)analisis teks; 4) identifikasi tema dan alegori; 5) rujukan pada konteks sejarah dan budaya; 6) penerapan analisis alegori; 7) kontinuitas dan keselarasan; 8) refleksi subjektivitas; 9) tinjauan ulang dan pengayaan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Karakteristik tokoh Klana Sewandana memiliki integritas kepribadian yang menjunjung keadilan dan kebersamaan; karakteristik Bujangganong sebagai sosok yang pemberani, tanggung jawab, dan jenaka; karakteristik tokoh Dewi Sanggalangit sebagai sosok yang kurang bertanggung jawab; 2) Wujud implementasi nilai karakter kewarganegaraan pada cerita Reyog Ponorogo ditemukan ada 13 nilai karakter dari 18 indikator nilai karakter yaitu nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, peduli sosial, dan tanggung jawab; 3) Nilai karakter kewarganegaraan dalam cerita Reyog Ponorogo yang relevan dengan muatan kurikulum IPS terdapat pada CP 1 ditemukan pada tokoh Klana Sewandana dan Bujangganong yaitu nilai peduli sosial, tanggung jawab, toleransi, cinta tanah air, semangat kebangsaan, kerja keras, dan kreatif; pada CP 2 ditemukan pada tokoh Klana Sewandana dan Bujangganong yaitu nilai karakter cinta tanah air, semangat kebangsaan, religius, demokrasi, toleran, dan kreatif; pada CP 3 ditemukan pada tokoh Klana Sewandana dan Bujangganong yaitu nilai karakter toleran, mandiri, demokratis, peduli sosial, semangat kebangsaan, dan cinta tanah air; 4) Desain konseptual integrasi nilai karakter kewarganegaraan pada cerita Reyog Ponorogo dengan kurikulum IPS SMP sebagai penguatan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karakter kewarganegaraan, kurikulum IPS, nilai karakter, Reyog Ponorogo |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 04:13 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 04:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |