Rocmah, Luluk Iffatur and Haryanto, Haryanto (2024) Pola Pembelajaran Sentra dalam Mengembangkan Keterampilan Kolaborasi dan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini: Studi Kasus pada Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Candi Sidoarjo. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi_luluk iffatur rocmah_17703261010.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Anak usia dini memiliki berbagai keunikan dan potensi di masa perkembangan yang dikenal dengan golden age. Agar anak tumbuh kembang secara optimal diperlukan suatu pembelajaran yang dapat memberikan stimulus anak dalam mengembangkan keterampilan dan potensi yang dimilikinya. Pada pembelajaran anak usia dini, banyak model yang diterapkan dan salah satunya adalah pembelajaran sentra. Penelitian ini bertujuan menemukan pola pembelajaran sentra dalam mengembangkan keterampilan kolaboratif dan pemecahan masalah anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis desain penelitian studi kasus. Setting penelitian adalah TamanKanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Candi. Subjek penelitian adalah pendidik dan Kepala TK. Sumber data adalah reaksi seluruh subjek terkait pembelajaransentra dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi terfokus, dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan adalah panduan pengumpulan data yang berisi tentang pokok-pokok fokus yang harus diungkap di setting penelitian. Data dianalisis dengan teknik analisis model Creswell. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru dalam pembelajaran sentra untuk mengembangkan keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Candi Sidoarjo digambarkan pada 4 pijakan yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelum bermain, pijakan saat bermain, pijakan setelah bermain, yang mana di tiap-tiap pijakan tersebut bertujuan untuk mendukung adanya interaksi, kolaborasi, dan pemecahan masalah dalam pembelajaran. (2) Interaksi sosial pada pembelajaran sentra dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Candi Sidoarjo yaitu adanya interaksi antara guru dan anak, interaksi antar anak dalam kelompok yang mendukung mereka untuk belajar dari satu sama lain. (3) Faktor pendukung pembelajaran sentra dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Candi Sidoarjo berupa a) Pengaturan ruang belajar, b) Materi pembelajaran yang beragam dan kontekstual, c) Penggunaan alat bantu pembelajaran yang mendukung keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah, d) Pembelajaran berbasis proyek, e) Dukungan guru melalui pijakan-pijakan main. (4) Pola pembelajaran sentra dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Candi Sidoarjo terbentuk dengan adanya rotasi sentra yang memberikan anak-anak kesempatan untuk mengalami berbagai jenis kegiatan kolaborasi dan pemecahan masalah, Guru berperan sebagai fasilitator yang memberikan bimbingan dan mengamati interaksi anak, dan adanya interaksi antar anak dalam kelompok yang mendukung anak dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan, kolaborasi, pemecahan masalah, pembelajaran sentra, anak usia dini |
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 03:46 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 03:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85888 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |