Pengembangan Model Pembelajaran Worked Example-Metakognisi Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Mengurangi Beban Kognitif Dan Meningkatkan Keterampilan Metakognisi.

Jatmiko, Jatmiko and Retnawati, Heri (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Worked Example-Metakognisi Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Mengurangi Beban Kognitif Dan Meningkatkan Keterampilan Metakognisi. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_jatmiko_17703261032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujaun untuk 1) mengembangkan model pembelajaran worked example-metakognisi; 2) menghasilkan model pembelajaran worked example-metakognisi yang valid; 3). menghasilkan model pembelajaran worked example-metakognisi yang praktis; dan 4) menghasilkan model pembelajaran worked example-metakognisi yang efektif dalam pembelajaran matematika untuk Mengurangi Beban Kognitif Dan Meningkatkan Keterampilan Metakognisi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan langkah ADDIE (analyze, design, develop, implement, evaluate). Subjek penelitian meliputi siswa kelas VIII sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Kediri. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes serta melalui wawancara dan observasi. Data kelayakan model pembelajaran dikumpulkan dengan lembar validasi. Data beban kognitif dan kemampuan metakognisi dikumpulkan dengan angket. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan soal tes hasil belajar matematika. Data dianalisis secara deskriptif dan statistic inferensial. Temuan penelitian adalah sebagai berikut. (1) Sintaks model pembelajaran worked example-metacognition dalam pembelajaran matematika meliputi tahap Introductory, declarative, eksplorasi, controlled practice, dan evaluation. (2) Model pembelajaran worked example-metacognition dalam pembelajaran matematika dinilai layak oleh ahli dan praktisi. (3) Model pembelajaran worked example-metacognition dalam pembelajaran matematika dinilai praktis oleh observer dan peserta didik. (4) Model pembelajaran worked example- metacognition dalam pembelajaran matematika dinilai efektif dalam menurunkan beban kognitif, meningkatkan keterampilan metakognisi, dan meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: beban kognitif; keterampilan metakognisi; worked example- metakognisi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Mar 2025 03:17
Last Modified: 03 Mar 2025 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85884

Actions (login required)

View Item View Item