Hartati, Yumi and Astuti D, Siti Irene (2024) Pengembangan Pembelajaran Mitigasi Berbasis VARK (Visual, Auditory, Read, Kinesthetic) untuk Meningkatkan Resiliensi Peserta Didik pada Satuan Pendidikan Aman Bencana di Kawasan Pesisir. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi_yumi hartati_17703261007.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan mitigasi kebencanaan mutlak diperlukan untuk peserta didik pada satuan pendidikan aman bencana di kawasan pesisir yang memiliki potensi bencana yang mengancam. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan model pembelajaran mitigasi bencana tsunami berbasis VARK yang mempunyai karakteristik untuk meningkatkan resiliensi pada satuan pendidikan aman bencana kawasan pesisir, (2) menghasilkan model pembelajaran mitigasi bencana tsunami berbasis VARK yang layak dalam meningkatkan resiliensi pada Satuan Pendidikan Aman Bencana kawasan pesisir, (3) mengukur efektifitas dan kepraktisan model pembelajaran model yang dikembangkan tersebut dalam meningkatkan resiliensi pada Satuan Pendidikan Aman Bencana kawasan pesisir. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada metode pengembangan oleh Dick, Carey &Carey. Populasi penelitian ini adalah peserta didik pada satuan pendidikan aman bencana di kawasan pesisir di Yogyakarta dan sampelnya berjumlah 350 peserta didik. Kriteria tersebut adalah (1) peserta didik di kawasan pesisir yang berada zona merah, (2) sekolah memiliki status satuan pendidikan aman bencana tsunami, (3) sekolah memilki guru mata pelajaran IPS yang bersertifikasi pendidik. Instrumen divalidasi melalui validasi ahli dan validasi media. Reliabilitas instrumen diuji menggunakan Percentage of Agreement (PA). Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan uji T. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Pembelajaran mitigasi bencana tsunami di daerah pesisir bebasis VARK untuk meningkatkan resiliensi dilaksanakan dalam tahap visual, auditory, read, dan kinesthetic. (2) Model pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan. (3) Model pembelajaran tersebut efektif dalam meningkatkan resiliensi peserta didik di kawasan pesissir, dengan hasil Uji T rata-rata kelompok eksperimen sebesar 22,07 dan kelompok kontrol sebesar 19,90 dan Sig. (2-tailed) 0,000, yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelompok eksperimen dan kontrol. (4) Model pembelajaran yang dihasilkan tersebut praktis digunakan untuk meningkatkan resiliensi peserta didik, dengan hasil uji kepraktisan di kelompok eksperimen pada tahap uji coba lapangan mendapatkan skor 51,89
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kawasan pesisir, pembelajaran mitigasi bencana, resiliensi, tsunami, VARK |
Subjects: | Ilmu Sosial > Geografi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 02:34 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 02:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85883 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |