PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS NGAGLIK 1 SLEMAN YOGYAKARTA

FEBRI GALIH, PANGESTI (2012) PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS NGAGLIK 1 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 05402244038.pdf

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 05402244038.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 05402244038.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 05402244038.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 05402244038.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan publik di Puskesmas Ngaglik I Sleman Yogyakarta; (2) Mengetahui faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan pelayanan publik di Puskesmas Ngaglik I Sleman Yogyakarta; (3) mengetahui upaya-upaya yang dilakukan Puskesmas Ngaglik Sleman Yogyakarta untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif, karena prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan dan melukiskan keadaan obyek penelitian pada saat sekarang, berdasarkan fakta-fakta yang tampak dan sebagaimana adanya. Subyek penelitian ini adalah Kepala Seksi Pelayanan di Puskesmas Ngaglik I Sleman Yogyakarta dibantu staff atau karyawan dan masyarakat pengguna pelayanan. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan pelayanan publik di Puskesmas Ngaglik I Sleman Yogyakarta berpedoman pada keputusan MENPAN NO. 63/ KEP/ M. PAN/ 7 / 2003, tentang prinsip pelayanan publik yang meliputi : kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan, kesopanan, keramahan, dan kenyamanan yang belum berjalan dengan maksimal. Beberapa hambatan antara lain : (1) Kurangnya petugas pelayanan di beberapa unit; (2) Masih rendahnya tingkat kedisiplinan pegawai dalam menjalankan tugas; (3) Keterbatasan pegawai dalam memanfaatkan teknologi modern; (4) Kurangnya pemahaman pasien terhadap prosedur pelayanan. Upaya yang dilakukan yaitu : (1) Petugas di unit lain yang beban kerjanya sedikit, membantu petugas yang beban kerjanya lebih banyak; (2) Menumbuhkan kesadaran diri untuk bekerja secara benar dan meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja; (3) Merekrut lebih banyak lagi tenaga yang berkompeten untuk mengoperasionalkan alat- alat modern; (4) Perlu adanya petugas informasi (costumer service) yang secara khusus menjelaskan kepada para pasien yang belum jelas tentang prosedur. Kata kunci : Pelayanan, Publik, Puskesmas

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Publik, Puskesmas
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 03:12
Last Modified: 29 Jan 2019 17:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8586

Actions (login required)

View Item View Item