ANALISIS KECAKAPAN SOSIAL DAN PERSONAL SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA N 1 SALEM KABUPATEN BREBES

Eka, Kurniawati (2012) ANALISIS KECAKAPAN SOSIAL DAN PERSONAL SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA N 1 SALEM KABUPATEN BREBES. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 08413244001.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08413244001.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08413244001.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08413244001.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08413244001.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Kecakapan sosial dan personal siswa sangat penting di tanamkan, hal ini untuk menghasilkan siswa yang mempunyai kecakapan bersosialisasi yang baik dan berpikir kritis dan kreatif sehingga memiliki siswa yang unggul juga etos kerja yang baik. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui realitas pembelajaran sosiologi di SMA N 1 Salem selama ini, dan untuk mengetahui kecakapan sosial dan kecakapan personal siswa kelas XI dalam pembelajaran sosiologi di SMA N 1 Salem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Data primer diperoleh dari angket kelas XI, sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui wawancara dengan siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi, ketekunan pengamatan. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dan analisis data kualitatif menggunakan analisis data interaktif model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada saat pembelajaran sosiologi, guru biasanya menggunakan metode kontekstual, tanya jawab, dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecakapan sosial dan personal siswa kelas XI dalam pembelajaran sosiologi di SMA N 1 Salem berklasifikasi (B) baik, dilihat dari rerata skor kecakapan sosial = 3.90 yang ber-klasifikasi B (baik); rerata skor kecakapan personal = 3.80 ber-klasifikasi B (baik); dan jumlah rerata skor output pembelajaran = 3.85 yaitu berklasifikasi B (baik). Walaupun begitu output pembelajaran masih perlu diperbaiki, dengan rata-rata memenuhi syarat untuk masuk klasifikasi baik. Adapun yang perlu diperbaiki dari output pembelajaran sosiologi meliputi kinerja guru yang kurang menggunakan media pembelajaran, dan fasilitas pembelajaran yang perlu diperbaiki. Tolak ukur keberhasilan pembelajaran sosiologi di SMA N 1 Salem tidak di dasarkan pada akademik saja, akan tetapi lebih difokuskan pada dua hal yakni, kecakapan sosial dan kecakapan personal. Artinya, kecakapan personal siswa dalam pembelajaran sosiologi, guru lebih menuntut siswanya untuk berkembang dan mampu mengambil keputusan dalam setiap permasalahan. kecakapan sosial siswa dalam pembelajaran sosiologi diharapkan mampu bekerja sama dengan orang lain, dan mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis. Kata Kunci: Kecakapan sosial, Kecakapan Personal, Pembelajaran sosiologi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kecakapan sosial, Kecakapan Personal, Pembelajaran sosiologi.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 02:43
Last Modified: 29 Jan 2019 17:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8575

Actions (login required)

View Item View Item