PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA KELAS VIII C MATA PELAJARAN IPS DI SMP N 4 KALASAN

DINI FAJRI, RAHAYU (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA KELAS VIII C MATA PELAJARAN IPS DI SMP N 4 KALASAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 08416241019.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08416241019.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08416241019.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08416241019.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08416241019.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi pada siswa kelas VIII C di SMP N 4 Kalasan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray pada mata pelajaran IPS, karena pada kelas VIII C keterampilan berdiskusi siswa masih rendah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukakan di SMP N 4 Kalasan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C dengan jumlah 24 siswa. Penelitian ini terdiri dari empat komponen dari setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru IPS. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray mampu meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa kelas VIII C pada mata pelajaran IPS di SMP N 4 Kalasan Kabupaten Sleman. Hal ini terlihat dari peningkatan keterampilan berdiskusi siswa berdasarkan hasil penilaan keterampilan berdiskusi siswa yang terjadi pada setiap siklusnya. Hasil skor rata-rata kelas keterampilan berdiskusi siswa pada siklus I sebesar 33,00 dan pada siklus II meningkat mencapai 44,84. Kenaikan siklus I ke siklus II sebesar 11,84. Pada siklus II ini telah mencapai target yang telah ditentukan, keberhasilannya mencapai lebih dari 75% yaitu mencapai 82 %. Peningkatan ini juga ditunjukan dengan peningkatan skor angket keterampilan berdiskusi siswa pada siklus I sebesar 67% dan mengalami peningkatan sebesar 77%. Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Keterampilan Berdiskusi, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray, Keterampilan Berdiskusi, Pembelajaran IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 02:37
Last Modified: 11 Dec 2012 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8570

Actions (login required)

View Item View Item