Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Berbasis Inklusi Se-Kecamatan Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengklu

Syamsi, Nurul (2024) Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Berbasis Inklusi Se-Kecamatan Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengklu. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_nurul syamsi_22604251006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi context, input, process, product pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar berbasis inklusi di Kecamatan Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PJOK, dan peserta didik. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu: peneliti mengambil 1 guru PJOK, 1 orang Kepala Sekolah di tiap Sekolah berbasis Inklusi. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah 6 orang, guru Penjas 6 orang, serta 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu análisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Berbasis Inklusi SeKecamatan Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu hasilnya pada kategori kurang. Selanjutnya dijelaskan masing-masing aspek evaluasi yaitu (1) Context evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Berbasis Inklusi berada pada kategor baik. Indikator bahan pembelajaran dan rumusan tujuan sebesar 3,14 pada kategori baik, mengorganisasi materi,media dan sumber belajar lain sebesar 2,78 pada kategori baik, merancang kegiatan belajar mengajar sebesar 3,34 pada kategori sangat baik pengelolaan kelas sebesar 3,33 pada kategori sangat baik dan penilaian sebesar 3,35 pada kategori sangat baik. (2) Input evaluasi program pelaksanaan evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Berbasis Inklusi sudah baik. Indikator kesesuaian materi pembelajaran dengan KI dan tujuan sebesar 3,29 pada kategori baik dan karakteristik peserta didik sebesar 2,41 pada kurang. (3) Process evaluasi program pelaksanaan evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Berbasis Inklusi hasilnya pada kategori kurang. Indikator kegiatan pembelajaran sebesar 2,30 pada kategori kurang dan kegiatan peserta didik sebesar 1,86 pada kategori kurang. (4) Product evaluasi program pelaksanaan evaluasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Berbasis Inklusi pada kategori kurang. Indikator hasil pelaksanaan pembelajaran penjas pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Berbasis Inklusi sebesar 1,83 pada kategori kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: anak berkebutuhan khusus , evaluasi, pendidikan jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Feb 2025 07:04
Last Modified: 20 Feb 2025 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85635

Actions (login required)

View Item View Item