Pelaksanaan Pembelajaran Renang Sekolah Dasar Negeri di Kota Yogyakarta

Mubarak, Tomi Ammar (2024) Pelaksanaan Pembelajaran Renang Sekolah Dasar Negeri di Kota Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_tomi ammar mubarak_20733251011.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mekanisme pelaksanaan pembelajaran renang Sekolah Dasar Negeri di Kota Yogyakarta. (2) kendala dalam pelaksanaan pembelajaran renang Sekolah Dasar Negeri di Kota Yogyakarta. (3) solusi pelaksanaan pembelajaran renang Sekolah Dasar Negeri di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed methods).Subjek penelitian ini adalah Guru PJOK SD Negeri di Kota Yogyakarta dan pengelola kolam renang digunakan pembelajaran renang yang diambil berdasarkan random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara dan kuisoner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran renang sudah dilaksanakan SD Negeri di Kota Yogyakarta. Pembelajaran renang dilaksanakan secara teori di kelas bawah, yaitu kelas I-III, sedangkan di kelas atas sudah dilaksanakan secara praktik di pagi hari mengikuti jam pembelajaran PJOK. Pelaksanaan pembelajaran renang dilakukan minimal 8 kali pertemuan, hal tersebut agar peserta didik mampu menguasai teknik dasar olahraga renang dengan baik. Namun, pelaksanaan pembelajaran renang SD Negeri di Kota Yogyakarta masih kurang berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 1,02% (1 guru), “kurang” sebesar 68,37% (67 guru), “baik” sebesar 30,61% (30 guru), dan “sangat baik” sebesar 0,00% (0 guru). (2) Sekolah mendukung pelaksanaan pembelajaran renang SD Negeri di Kota Yogyakarta. Bentuk dukungan dalam pelaksanaan pembelajaran renang yaitu sekolah memberikan izin kepada guru PJOK untuk melaksanakan pembelajaran renang di pagi hari. Faktor pendukung lain yaitu dari guru PJOK itu sendiri, guru diharuskan mampu menguasai teknik berenang, meskipun ada sekolah yang menyewa pelatih renang dari luar. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran renang SD Negeri di Kota Yogyakarta yaitu masih ada orang tua yang tidak mendukung anaknya mengikuti pembelajaran renang, fasilitas yang kurang mendukung, dan faktor dari guru yang tidak semuanya mempunyai teknik dasar renang. (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran renang SD Negeri di Kota Yogyakarta yaitu guru membuat pembelajaran renang semenarik mungkin kemudian foto dikirim ke grup whatsapp agar orang tua yang tidak memberikan izin mengetahui. Dari segi fasilitas, sekolah ada yang mempunyai manajemen baik, sehingga masalah fasilitas dapat diatasi, selanjutnya solusi untuk guru yaitu guru berusaha terus untuk belajar teknik renang dengan baik, agar dapat mengajarkan teknik renang kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Subagyo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan, pembelajaran renang, sekolah dasar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Feb 2025 07:21
Last Modified: 27 Feb 2025 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85634

Actions (login required)

View Item View Item