Zulfikar, Ryamizard Fahrur Al Azhar (2024) Pengaruh Keaktifan Mengikuti Ekstrakurikuler, Motivasi Belajar, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar PJOK (Studi kasus di SD Negeri Se-Kecamatan Semin dan Se-Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul). S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
|
Text
fulltext_ryamizard fahrur al azhar zulfikar_20633251010.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh keaktifan mengikuti ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar PJOK. (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar PJOK. (3) Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar PJOK (4) Pengaruh keaktifan mengikuti ekstrakurikuler, motivasi belajar, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar PJOK. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas atas di SD Negeri se-Kecamatan Semin dan se-Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul yang berjumlah 1932 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf signifikansi 5%, maka sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas atas di SD Negeri se-Kecamatan Semin dan se-Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul yang berjumlah 331 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan angket dengan validitas 0,361 dan reliabilitas sebesar 0,722. Data dianalisis melalui uji normalitas, uji multikolinearitas selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar PJOK pada peserta didik di SD Negeri se-Kecamatan Semin dan se-Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul dengan nilai sig 0,055 > 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar PJOK pada peserta didik di SD Negeri seKecamatan Semin dan se-Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul dengan nilai sig 0,031 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar PJOK pada peserta didik di SD Negeri se-Kecamatan Semin dan seKecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul dengan nilai 0,023 < 0,05 . (4) Ada pengaruh secara simultan yang signifikan antara keaktifan mengikuti ekstrakurikuler, motivasi belajar, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar PJOK pada peserta didik di SD Negeri se-Kecamatan Semin dan se-Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul dengan nilai sig 0,004< 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dan fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar PJOK, sementara keaktifan mengikuti ekstrakurikuler tidak berpengaruh signifikan, namun secara simultan, ketiga faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar PJOK.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sri Winarni, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | keaktifan ekstrakurikuler, motivasi belajar, fasilitas belajar, prestasi belajar PJOK |
| Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | Perpustakaan FIK |
| Date Deposited: | 27 Feb 2025 07:10 |
| Last Modified: | 27 Feb 2025 07:21 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85630 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
