PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA SMK N 7 YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013

AGUS, SETIAWAN (2012) PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA SMK N 7 YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -08402241020.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -08402241020.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08402241020.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08402241020.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08402241020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) pendapatan orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi, 2) prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi, 3) pendapatan orang tua dan prestasi belajar secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan subyek penelitian siswa SMK N 7 Yogyakarta kompetensi keahlian administrasi perkantoran sebanyak siswa 68 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner dan dokumentasi prestasi belajar. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien Alpha. Analisis regresi sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara sendiri-sendiri terhadap variabel terikat, sedangkan untuk mengetahui pengaruh kedua variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat digunakan analisis regresi ganda dengan dua prediktor. Sebelum menganalisis data terlebih dahulu dilakukan pengujian prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendapatan orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran yang ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 70,098 + 0,000 X1 dengan koefisien korelasi r sebesar 0,642; koefisien determinasi (r2) sebesar 0,412 dan thitung sebesar 6,801. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran yang ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = -262,887 + 0,612 X2 dengan koefisien korelasi r sebesar 0,612; koefisien determinasi (r2) sebesar 0,374; dan diperoleh thitung sebesar 6,283. 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pendapatan orang tua dan prestsi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran yang ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = - 149,145 + 0,000 X1 + 2,798 X2 dengan (R) sebesar 0,729; (R2) sebesar 0,531 dan nilai Fhitung sebesar 36,805. Besarnya pengaruh variabel pendapatan orang tua dan prestsi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi adalah sebesar 53,1% dengan rincian 29,0% hasil kontribusi pendapatan orang tua dan 24,1% hasil kontribusi prestasi belajar, sedangkan sisanya 46,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 02:31
Last Modified: 29 Jan 2019 17:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8561

Actions (login required)

View Item View Item