Hanifah, Hielda (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS III KAPANEWON GODEAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Karya Ilmiah Skripsi_Hielda Hanifah_18108241050_PGSD.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan sangat penting bagi manusia, dengan pendidikan mampu menanamkan karakter mulia bagi siswa salah satunya kemandirian siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa Sekolah Dasar kelas V Se- Gugus III Kapanewon Godean Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain regresi yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Godean 1, Sekolah Dasar Negeri Godean 2, Sekolah Dasar Negeri Krajan, Sekolah Dasar Negeri Sentul, Sekolah Dasar Muhammadiyah Sangonan III, Sekolah Dasar Muhammadiyah Sangonan IV dengan sampel berjumlah 153 siswa yang didapatkan dari teknik simple random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala likert dalam bentuk kuesioner. Teknik analisis data dalam menguji hipotesis penelitian ini adalah dengan rumus regresi linearitas sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa Sekolah Dasar kelas V Se-Gugus III Kapanewon Godean Kabupaten Sleman. Pengaruh variabel bebas (efikasi diri siswa) terhadap variabel tergantung (kemandirian belajar) adalah 43,9% dan nilai R adalah 0.663 yang berarti bahwa besarnya nilai korelasi/hubungan antara kedua variabel tersebut adalah 0.663 yang tergolong kuat. Kata Kunci: Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 03:45 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 03:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85598 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |