Vesya, Siti Raihani (2025) PENGEMBANGAN MEDIA LUDO KOLABORASI PECAHAN (DOKOCAH) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS IV PADA MATERI PECAHAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Skripsi_Siti Raihani Vesya_21108249002.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Ludo Kolaborasi Pecahan (DOKOCAH) yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas IV pada pembelajaran materi pecahan di SD Negeri Adisucipto 1. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Analisis dilakukan menggunakan observasi dan wawancara. Desain ludo menggunakan canva. Hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Implementasi perseorangan dilakukan oleh guru, kelompok kecil dilakukan oleh 8 siswa, dan kelompok besar dilakukan oleh 20 siswa. Evaluasi dilakukan kepada 20 siswa kelas IV untuk mengukur keefektifan media. Instrumen kuantitatif yang dikembangkan telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif guna menjelaskan data wawancara dan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk mengukur hasil validasi kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media. Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan termasuk pada kategori “Sangat Layak” dengan persentase validasi ahli materi sebesar 91,3% dan validasi ahli media sebesar 87%. Uji kepraktisan menunjukkan bahwa media termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”, diperoleh persentase respon guru sebesar 100% dan respon siswa sebesar 85,5%. Pada uji efektivitas, terjadi peningkatan keterampilan kolaborasi siswa, dibuktikan dari nilai N-Gain sebesar 0,71 termasuk dalam kategori “Tinggi”, dimana nilai N-Gain kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai 0,26 termasuk dalam kategori “Rendah”. Hasil uji t dua sampel bebas dengan skor N-Gain menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Dapat disimpulkan bahwa media Ludo Kolaborasi Pecahan (DOKOCAH) efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Kata Kunci : Keterampilan Kolaborasi, Ludo, Pecahan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 03:22 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 03:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |