Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Kompetensi Motorik Peserta Didik Kelas V SD Negeri Kalongan Kabupaten Sleman

Buwana, Mahendra Surya (2024) Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Kompetensi Motorik Peserta Didik Kelas V SD Negeri Kalongan Kabupaten Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_mahendra surya buwana_20604221055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kompetensi Motorik pada peserta didik kelas V SD Negeri Kalongan, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman. Penelitian ini adalah penelitian korelasi dari kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kalongan yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik dalam pengambilan hasil tes menggunakan metode Total Sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner aktivitas fisik Physical Activity Questionnaire for Older Children (PAQ-C) milik (C. Kowalski, 2004, pp. 6-7), dan instrumen Tes KTK3+ milik Platvoet (2020, p. 2). Teknik analisis data menggunakan uji korelasi antara aktivitas fisik dengan kompetensi Motorik. Hasil penelitian pada peserta didik kelas V SD Negeri Kalongan menunjukkan nilai korelasi aktivitas fisik dengan kompetensi motorik sebesar 0,000. Koefisien korelasi pearson yang diperoleh bernilai negatif, dan berdasarkan pengujian hubungan keduanya signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nur Sita Utami, M.Or.
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, kompetensi motorik, peserta didik kelas V
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Feb 2025 06:44
Last Modified: 20 Feb 2025 06:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85568

Actions (login required)

View Item View Item