UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII A SMP N 4 KALASAN

Dewi , Susilowati (2012) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII A SMP N 4 KALASAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 08416241024.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08416241024.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08416241024.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08416241024.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08416241024.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII A di SMP Negeri 4 Kalasan masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya proses pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui metode pembelajaran cooperative script pada siswa SMP Negeri 4 Kalasan kelas VIII A. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa dari kelas VIII A SMP N 4 Kalasan. Adapun dalam pengambilan data melalui observasi, angket, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan tes. Bentuk analisis data yang digunakan analisis kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi metode. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 75%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII A pada mata pelajaran IPS SMP N 4 Kalasan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase indikator kemampuan berpikir kritis setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa 54,3%. Pada siklus II menjadi 65,74% atau mengalami peningkatan 11,44%. Pada siklus III mengalami peningkatan 10,41% menjadi 76,15%. Dengan demikian rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa telah melampaui kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%. Kata kunci: Cooperative Script, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Script, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Pembelajaran IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 02:32
Last Modified: 29 Jan 2019 17:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8556

Actions (login required)

View Item View Item