Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Fitness: Kajian Studi Pada Pusat Kebugaran Health and Sport Center Universitas Negeri Yogyakarta

Riyanti, Rizcka Dwitama (2024) Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Fitness: Kajian Studi Pada Pusat Kebugaran Health and Sport Center Universitas Negeri Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_rizcka dwitama riyanti_20603144021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fitness Center hadir sebagai pusat pelayanan kesehatan yang menawarkan jasa kesehatan dan kebugaran. Salah satu hal yang harus diperhatian oleh Fitness Center adalah kepuasaan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Fitness Center Health and Sport Center Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan berupa angket atau kuisioner berdasarkan dimensi kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Fitness Center di Health and Sport Center Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2024 sebanyak 611 dengan menggunakan teknik accidental sampling dan hasil sampel sebanyak 85 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan, tingkat kualitas pelayanan berada pada kategori sedang dengan persentase 77% dan kepuasan pelanggan berada pada kategori sedang dengan persentase 76%. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Fitness Center di Health and Sport Center Universitas Neger Yogyakarta. Hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung sebesar 0,805 dan Ftabel sebesar 3,955 dimana Fhitung < Ftabel artinya dapat dinyatakan adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Fitness Center di Health and Sport Center. Berdasarkan analisis korelasi, diperoleh korelasi variabel X dengan variabel Y sebesar 0,798, kemudian nilai tersebut dipadukan dengan N = 85 dan taraf signifikansi 5% sehingga menghasilkan rtabel sebesar 0,213. Sehingga, nilai rhitung > rtabel yaitu 0,798 > 0,213. Dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Fitness Center Health and Sport Center Universitas Negeri Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Martono, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, Fitness Center
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Feb 2025 07:37
Last Modified: 17 Feb 2025 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85554

Actions (login required)

View Item View Item