IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER GOTONG ROYONG PADA SISWA KELAS 5 SD N PERCOBAAN 2 KABUPATEN SLEMAN

Khotimah, Nuringsih Khusnul (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER GOTONG ROYONG PADA SISWA KELAS 5 SD N PERCOBAAN 2 KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Nuringsih Khusnul K_Skripsi Full Teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penanaman Pendidikan karakter gotong royong melalui pengembangan diri siswa kelas 5 SD Negeri Percobaan 2 Sleman. Pendeskripsian implementasi penanaman gotong royong ini dilihat mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian yang digunakan yaitu kepala sekolah, guru kelas 5, dan siswa kelas 5 di SD Negeri Percobaan 2 Sleman. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas dan reabilitas meliputi uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability, uji confirmability. Teknik analisis yang digunakan pengumpulan data, kondensasi data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Pendidikan karakter gotong royong telah terlaksana di SD Negeri Percobaan 2 melalui tahapan perencanaan dengan penyusunan program kerja berupa kegiatan rutin, spontan, keteladanan; kemudian melakukan sosialisasi pada pihak terkait sebelum pelaksanaan program; selanjutnya sekolah melakukan pengkondisian demi menunjang pelaksanaan Pendidikan karakter dengan menyiapkan fasilitas sekolah yang baik. Pelaksanaan pengembangan diri melalui kegiatan rutin dilaksanakan melalui pembiasaan positif dan ekstrakulikuler. Kemudian kegiatan spontan dilaksanakan melalui tolong menolong, menyapa guru, membuang sampah pada tempatnya. Kegiatan keteladanan dilaksanakan contoh sikap dan perilaku yang baik dari guru dan pemberian reward pada siswa dan guru. Tahapan evaluasi dilakukan dengan memonitor bagaimana perkembangan siswa melalui briefing pagi dan teguran langsung. Kata kunci: Pendidikan karakter, karakter gotong royong, kegiatan pengembangan diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Feb 2025 07:44
Last Modified: 17 Feb 2025 07:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85553

Actions (login required)

View Item View Item