PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI KELAS V SEKOLAH DASAR

Anggraeni, Aisha (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Aisha Anggraeni_21108241075_Tugas Akhir Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi experimental. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas V SD N segugus Sidoluhur yang berjumlah 103 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Krajan yang berjumlah 18 siswa dan siswa kelas V SD N Sidoluhur berjumlah 14 siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa. Sampel penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pre-test dan post-test kemampuan numerasi. Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi hasil uji t-test pada kegiatan post-test memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05 yang menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi terhadap kemampuan numerasi siswa kelasV Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil uji N-Gain Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share berbantuan media ular tangga edukasi adalah sebesar 63,99 atau 64 % termasuk dalam kategori cukup efektif. Sedangkan hasil rata-rata N-Gain Score untuk kelas kontrol (Model STAD berbantuan media gambar) adalah sebesar 32.867192 atau 32,87 % termasuk dalam kategori tidak efektif. Kata Kunci: Think pair share, kemampuan numerasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Feb 2025 03:36
Last Modified: 17 Feb 2025 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85535

Actions (login required)

View Item View Item