Utami, Muslimah Puji (2025) HUBUNGAN VERBAL BULLYING DENGAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS V SD SE-GUGUS V KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
SKRIPSI FINAL_MUSLIMAH PUJI UTAMI_20108244058_PGSD.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui dan menganalisis ada tidaknya hubungan antara verbal bullying dengan rasa percaya diri siswa kelas V SD seGugus V Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan permasalahan yang menunjukkan rasa kurang percaya diri siswa ketika berada di lingkungan sekolah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Gugus V di Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta yang berjumlah 265 siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan error tolerance sebesar 5% sehingga menghasilkan sampel sebanyak 160 siswa. Uji validitas dilakukan dengan dua cara, yang pertama uji validitas isi yang diuji melalui expert judgement dan yang kedua uji validitas butir. Dasar uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha, instrumen verbal bullying memiliki koefisien Cronbach Alpha sebesar 0,880 dan instrumen percaya diri memiiki koefisien Cronbach Alpha sebesar 0,601. Teknik analisis dalam penelitian ini meliputi tahap deskripsi data, uji prasyarat analisis, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Dalam tahap uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara verbal bullying dengan percaya diri siswa kelas V SD se-Gugus V Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai p atau sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hubungan antara kedua variabel berada dalam kategori rendah sesuai dengan nilai Pearson Correlation sebesar -0,355. Tanda minus pada nilai Pearson Correlation menunjukkan bahwa hubungan antar variabel adalah negatif. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa kontribusi variabel verbal bullying terhadap percaya diri sebesar 12,6%. Kata Kunci : Verbal bullying, Percaya Diri, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 02:47 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 02:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85497 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |