PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD N 4 JIMBUNG

Nugroho, Irfan Adi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD N 4 JIMBUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI IRFAN FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model CPS (Creative Problem Solving) terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA KELAS IV SD N 4 Jimbung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan quasi experimental. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD N 4 Jimbung yang berjumlah 24 peserta didik. Sampel penelitian ini dipilih melalui purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pre-test dan post-test kemampuan berpikir kreatif. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas dengan levene test. Teknik analisis data yang dipergunakan yakni independent t-test. Hasil penelitian dari uji-t berbantuan software SPSS 30 for Windows menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model CPS (Creative Problem Solving) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SD N 4 Jimbung dengan signifikansi sangat tinggi dengan besaran p <,001 dan didukung dengan nilai mean post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing sebesar 67.50 dan 84.58. Kreativitas peserta didik ditunjukkan oleh kemampuan dalam mengembangkan ide-ide kreatif, menyelesaikan masalah IPA secara inovatif, serta berkolaborasi secara efektif dengan teman sekelas dalam diskusi dan eksperimen. Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif, model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving), dan pengaruh

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Feb 2025 03:04
Last Modified: 14 Feb 2025 03:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85465

Actions (login required)

View Item View Item