Nisa, Nada Khoirun (2025) JENIS-JENIS PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VI (STUDI KASUS DI SD NEGERI 2 KLINTING). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
NADA KHOIRUN NISA_21108241135_SKRIPSI FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman kepala sekolah, guru, dan peserta didik kelas VI mengenai pengertian perilaku bullying, jenis-jenis bullying, kapan dan dimana bullying terjadi, serta dampak adanya bullying yang terjadi pada peserta didik kelas VI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah lima peserta didik kelas VI yang mendominasi adanya bullying di kelas VI, yaitu peserta didik dengan inisial FA, WN, GL, CY, dan MT. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles & Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis perilaku bullying yang terjadi pada peserta didik kelas VI, yaitu bullying verbal, fisik, dan relasional. Bentuk perilaku bullying verbal, yaitu mengejek, menyoraki, dan menyuruh. Bentuk perilaku bullying fisik, yaitu melempar menggunakan suatu barang, menarik-narik kerudung, memalak, menyandung kaki, dan menyakiti teman. Kemudian bentuk perilaku bullying relasional yang terjadi, yaitu merendahkan. Waktu paling sering terjadi bullying, yaitu saat pembelajaran tetapi guru tidak berada di dalam kelas. Tempat paling banyak terjadi bullying, yaitu di dalam ruang kelas VI. Dampak bullying yang dirasakan pelaku, yaitu merasa puas dan semakin mem-bully, dikeroyok oleh saksi bullying, meminta maaf. Dampak bullying yang dirasakan korban, yaitu menjadi pendiam, kesal, berkata kasar, pulang saat jam istirahat, dan tidak mau berangkat sekolah. Kemudian dampak yang dirasakan penonton/saksi bullying, yaitu ikut mem-bully, mengeroyok pelaku, menertawakan, empati, dan menjadi tidak percaya diri. Kata kunci : Perilaku Bullying, Peserta Didik, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 04:32 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 04:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |