Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah (MKBM) Pada Budaya Karawang Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Perilaku Kesehatan Reproduksi.

Ardiyanti, Yusi and Suyanto, Slamet (2024) Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah (MKBM) Pada Budaya Karawang Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Perilaku Kesehatan Reproduksi. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_yusi ardiyanti_17703261009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan (1) karakteristik model pembelajaran biologi kontekstual berbasis budaya Karawang (2) kelayakan model pembelajaran biologi kontekstual berbasis budaya Karawang (3) kepraktisan model pembelajaran biologi kontekstual berbasis budaya Karawang (4) keefektifan model pembelajaran biologi kontekstual berbasis budaya Karawang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan perilaku kesehatan reproduksi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, design, depelopment, implementation, evaluation). Penelitian ini menghasilkan produk berupa model pembelajaran biologi reproduksi berbasis budaya Karawang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di Kabupaten Karawang yang berjumlah 120 untuk uji luas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur Tingkat validitas dan kepraktisan menggunakan Aiken’s, dan kefektifan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) karakteristik model pembelajaran biologi kontekstual berbasis masalah pada budaya Karawang meliputi sintaks yang terdiri dari eksplorasi, pemodelan, kolaborasi, pemaknaan, penyimpulan dan penilaian; sistem sosial (kooperatif/adanya saling Kerjasama); sistem pendukung berupa perangkat pembelajaran; prinsip reaksi (guru sebagai fasilitator); dampak intruksional (kemampuan berpikir kritis); serta dampak pengiring (perilaku Kesehatan reproduksi) (2) model pembelajaran biologi kontekstual berbasis masalah pada mbudaya Karawang berdasarkan evaluasi dari ahli, praktisi Pendidikan, dan uji empirik menunjukkan bahwa model pembelajaran ini dinilai layak untuk di gunakan (3) model pembelajaran biologi kontekstual berbasis masalah pada budaya Karawang berdasarkan observasi pelaksanaan model yang dilakukan oleh guru menunjukkan model ini sangat praktis (4) model pembelajaran biologi kontekstual berbasis masalah pada budaya Karawang berdasarkan uji empirik menunjukkan data bahwa model pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan perilaku Kesehatan reproduksi.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, budaya Karawang, berpikir kritis, perilaku kesehatan reproduksi
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Feb 2025 02:32
Last Modified: 12 Feb 2025 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85399

Actions (login required)

View Item View Item