PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS 5 DI MIN 1 KULON PROGO

Larassati, Enggar (2025) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS 5 DI MIN 1 KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI_ENGGAR LARASSATI_20108244078_PGSD_2024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa kelas 5 di MIN 1 Kulon Progo. Dalam pengamatan sudah ditemukan banyak siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi, sedangkan umumnya pada siswa SD kecerdasan interpersonal masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi guru atau wali kelas dan siswa kelas 5. Sedangkan informan pada teknik penelitian ini adalah guru kelas dan ketua kelas selaku perwakilan siswa kelas 5. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Creswell (2013) yakni menyiapkan dan mengorganisir data; membaca dan melihat seluruh data; melakukan Coding; mendeskripsikan, mengklasifikasi dan menafsirkan data menjadi kode dan tema; serta menginterpretasi makna dari data. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal berupa adalah melalui (1) Cara guru dalam mengembangkan empati yakni dengan pemberian contoh, menciptakan hubungan solid dengan siswa, pemberian dukungan motivasi, pelaksanaan bimbingan karakter siswa. (2) Cara guru dalam mengembangkan kemampuan berinteraksi yakni berupa pengkondisian model tempat duduk yang beragam, pelaksanaan peraturan kelas, pengkondisian suasana pembelajaran di kelas, menyediakan fasilitas penunjang agar siswa dapat interaktif, dan memberikan konsep pemahaman. (3) Cara guru dalam mengembangkan kemampuan berkerja sama melalui pelaksanaan metode pembelajaran yang berfokus pada diskusi kelompok, penggunaan media pembelajaran yang bersifat interaktif, dan penggunaan strategi pembelajaran yang berfokus pada siswa. (4) Dalam pelaksanaan pengembangan kecerdasan interpersonal ini tentunya guru mendapati tantangan atau hambatan dalam pelaksanaannya. (5) Berperan menangani permasalahan kecerdasan interpersonal yang ditemukan. Kata Kunci : Peran Guru, Kecerdasan Interpersonal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Feb 2025 04:26
Last Modified: 11 Feb 2025 04:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85390

Actions (login required)

View Item View Item