PENGEMBANGAN KAJUMRANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI DEMANGAN

Rahmawati, Devi (2025) PENGEMBANGAN KAJUMRANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI DEMANGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Devi Rahmawati_20108241053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa KAJUMRANG yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran matematika siswa kelas II SD Negeri Demangan. Serta untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifannya. Jenis penelitian ini adalah Research and Develompment (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dengan lima tahap pengembangan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Demangan dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas II SD Negeri Demangan. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, dan angket serta data dianalisis dengan cara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan KAJUMRANG untuk meningkatkan hasil belajar matematika ini diketahui bahwa penilaian validasi ahli media dikategorikan “sangat layak” dengan skor 97,5%. Penilaian validasi ahli materi dikategorikan “sangat layak” dengan skor 87,5%. Hasil uji coba produk KAJUMRANG dibuktikan dari hasil soal tes siswa yang memperoleh skor 90,5 dengan kategori “praktis” serta hasil respon guru yang memperoleh skor 97,5 dengan kategori “praktis”. Produk media pembelajaran KAJUMRANG dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukan pada peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa tuntas secara klasikal, mengalami peningkatan sebesar 95,6 dengan kategori “efektif”. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran KAJUMRANG untuk meningkatkan hasil belajar matematika dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan siswa kelas II SD Negeri Demangan. Kata Kunci: pengembangan media, KAJUMRANG, hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Feb 2025 02:47
Last Modified: 11 Feb 2025 02:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85388

Actions (login required)

View Item View Item