PENGARUH MEDIA FLUIDSIM-P TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MERANGKAI DIAGRAM PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIK DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

ADI IRFAN, RAHMANUDIN (2012) PENGARUH MEDIA FLUIDSIM-P TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MERANGKAI DIAGRAM PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIK DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-10503247003.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-10503247003.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-10503247003.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-10503247003.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-10503247003.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu kendala pembelajaran pneumatik yang dilakukan secara konvensional adalah kesulitan dalam merangkai diagram pneumatik. Software FluidSIM-P yang dirancang sebagai software simulator diagram pneumatik dengan berbagai kemudahannya diharapkan mampu mengatasinya. Dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh media FluidSIM-P ini terhadap kemampuan siswa merangkai diagram pada mata pelajaran pneumatik. Tujuannya, agar diketahui kemampuan siswa sebelum dan setelah menggunakan software, serta mengetahui apakah terjadi peningkatan yang menunjukkan perbedaan kemampuan sebelum dan sesudah. Penelitian untuk mengetahui pengaruh software FluidSIM-P terhadap kemampuan siswa merangkai diagram pneumatik dilakukan di SMK PIRI 1 Yogyakarta, pada kelas X jurusan Teknologi Pemesinan. Penelitian dilakukan dengan metode Pre-eksperimen one group pretest-posttest design. Pretest dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa merangkai diagram sebelum menggunakan software FluidSIM-P, Posttest untuk mengetahui kemampuan siswa merangkai diagram setelah menggunakn software FluidSIM-P. Kemampuan siswa merangkai diagram dilihat dari gejala pusat pada masing-masing data penelitian. Absolute gain antara pretest dan posttest menunjukkan pengaruh software terhadap kemampuan siswa merangkai diagram. Dilakukan uji signifikansi untuk mengetahui apakah perbedaan tersebut signifikan atau tidak. Data yang diperoleh dideskripsikan melalui gejala pusat menunjukkan perbedaan antara pretest dan posttest. Rerata absolute gain bernilai positif artinya terjadi peningkatan, dengan kata lain software FluidSIM-P ini mampu meningkatkan kemampuan siswa merangkai diagram pneumatik di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Terjadi peningkatan secara signifikan setelah dilakukan uji signifikansi. Kata kunci : FluidSIM-P, pneumatik, one group pretest posttest design

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: FluidSIM-P, pneumatik, one group pretest posttest design
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 02:14
Last Modified: 29 Jan 2019 17:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8537

Actions (login required)

View Item View Item