Farani, Rizki and Budiningsih, Asri (2024) Pengembangan Model Scaffolded Self-regulatory Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Manajemen Informasi Digital. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_rizki farani_20703261005.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran digital pada level perguruan tinggi memberikan kesempatan belajar yang luas untuk mahasiswa. Mahasiswa mampu mengakses beragam informasi namun mereka masih belum mampu mengelola informasi secara efektif. Oleh karena itu, mahasiswa perlu melatih keterampilan manajemen informasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Scaffolded Self-regulatory Blended Learning yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan manajemen informasi digital. Penelitian ini merupakan research and development yang mengadopsi langkah pengembangan dari Gall, et.al. Subjek penelitian adalah mahasiswa universitas swasta di Yogyakarta, khususnya mahasiswa Strata 1. Data penelitian terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantiatif meliputi data hasil angket uji kelayakan dan kepraktisan model, soal pre-test dan post-test, dan penugasan. Data kualitatif meliputi data observasi kelas dan wawancara. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji statistik dan Wilcoxon test, sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan deskripsi hasil observasi dan analisis transkrip wawancara. Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut. (1) Model Scaffolded Self- regulatory Blended Learning yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan manajemen informasi digital mahasiswa berdasarkan hasil validasi ahli model pembelajaran dan ahli materi. (2) Model yang dihasilkan tersebut praktis digunakan untuk meningkatkan keterampilan manajemen informasi digital berdasarkan hasil observasi, angket, dan wawancara dengan dosen dan mahasiswa. (3) Model yang dihasilkan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan manajemen informasi digital. Terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan model tersebut. Hasil uji statistik adalah -5,014 dengan p-value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari indikator 0,05 sehingga model dapat meningkatkan keterampilan manajemen informasi digital mahasiswa.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | blended learning, manajemen informasi digital, self-regulation |
| Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 12 Feb 2025 02:04 |
| Last Modified: | 12 Feb 2025 02:04 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85357 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
