Rayhana, Akhlisiah (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI HURUF KAPITAL KELAS II SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Revisi Skripsi Akhlisiah Rayhana.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia interaktif yang digunakan untuk pembelajaran materi huruf kapital kelas II sekolah dasar; (2) mengetahui kelayakan multimedia interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi huruf kapital kelas II sekolah dasar; (3) mengetahui kepraktisan multimedia interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi huruf kapital kelas II sekolah dasar; (4) mengetahui keefektifan multimedia interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi huruf kapital kelas II sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design dengan subjek penelitian sebanyak 10 siswa kelas II SD Negeri Demakijo 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) multimedia interaktif huruf kapital yang telah dikembangkan dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran materi huruf kapital kelas II sekolah dasar; (2) hasil kelayakan berdasarkan pada validasi ahli materi memperoleh persentase 85% termasuk kategori “Sangat Layak” dan validasi ahli media memperoleh persentase 90% termasuk kategori “Sangat Layak”; (3) hasil kepraktisan berdasarkan pada hasil respons guru memperoleh persentase 99% termasuk kategori “Sangat Praktis” dan hasil respons siswa memperoleh persentase 94,6% termasuk kategori “Sangat Praktis”; (4) hasil keefektifan berdasarkan pada hasil tes yang diperoleh siswa memperoleh rata-rata skor pretest sebesar 71 dan rata-rata skor posttest sebesar 88 dan Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan sebesar 5,50 dan jumlah peningkatan sebesar 55,00. Kata kunci: Multimedia Interaktif, Huruf Kapital, Pemahaman Siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 06:41 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 06:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |