PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TIME TOKEN AREND PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 1 PRAMBANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Ana Ivar, Iriyanti (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TIME TOKEN AREND PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 1 PRAMBANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 07401244041.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 07401244041.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 07401244041.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 07401244041.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 07401244041.pdf

Download (931kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Prambanan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arend dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( classroom action research ) yaitu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan – tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 Prambanan yang keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pkn masih rendah atau kurang dari 75 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dari hasil lembar observasi keaktifan dan nilai rata – rata kelas menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arend pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi peningkatan keaktifan siswa pada siklus II. Pada siklus I siswa yang melakukan keaktifan siswa yang mencapai kriteria cukup sebanyak 20 siswa, dimana skor yang diperoleh masih dibawah 70. Sedangkan yang mencapai kriteria baik 16 siswa sudah mendapat skor minimal 70. Pada siklus II yang mencapai kriteria cukup hanya 8 orang, dan yang mendapat kriteria baik 27 orang. Dari data tersebut bisa dilihat adanya peningkatan, di mana pada siklus I yang mendapat kriteria cukup dari 20 menurun menjadi 9 siswa pada siklus II, sedangkan yang mendapatkan kriteria baik dari siklus I sebanyak 16 siswa, naik menjadi 28 siswa. Dari hasil tersebut dapat dikatakan keaktifan siswa meningkat karena sudah memenuhi kriteria yang telah ditentukan, di mana yang mengikuti partisipasi aktif minimal 25 siswa dengan memperoleh skor minimal 70. Peningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dari tahap Siklus I rata – rata yang diperoleh 72,08 naik menjadi rata – rata 81,94 pada tahap Siklus II. Dari rata – rata tersebut dapat diketahui terjadi peningkatan rata – rata 9,86 dari siklus I ke siklus II. Hal ini menunjukan dengan adanya peroleh nilai siswa rata – rata dari siklus I ( 72,08 ) meningkat pada siklus II dengan nilai rata – rata ( 81,94 )

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 00:59
Last Modified: 11 Dec 2012 00:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8534

Actions (login required)

View Item View Item