PELAKSANAAN PEMBINAAN KEPRIBADIAN KEAGAMAAN ISLAM DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB

Sa’diah, Soviana Ilzizatul (2025) PELAKSANAAN PEMBINAAN KEPRIBADIAN KEAGAMAAN ISLAM DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
fulltext_soviana ilzizatul sadiah_20102244053-1-71.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan pembinaan kepribadian keagamaan islam di Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta, (2) perubahan yang dialami Warga Binaan Pemasyarakatan setelah mengikuti pelaksanaan pembinaan kepribadian keagamaan islam di Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembinaan kepribadian keagamaan islam di Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah petugas pemasyarakatan dan warga binaan pemasyarakatan di Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta serta pembina/penyuluh keagamaan islam dari Kemenag Kabupaten Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dibantu dengan pedoman yang telah disusun peneliti. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembinaan kepribadian keagamaan islam di Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta meliputi: perencanaan, pendekatan, proses pelaksanaan, dan evaluasi. Pada kegiatan perencanaan dilakukan penetapan tujuan, rekruitmen pembina/penyuluh, dan penetapan sarana dan prasarana. Pada tahap pendekatan, dilakukan dengan pendekatan secara langsung melalui tanya jawab. Pada proses pelaksanaan, berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan mekanisme yang sudah disusun oleh petugas Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta. Pada tahap evaluasi, dilakukan dengan evaluasi harian dan evaluasi satu bulan sekali. (2) Hasil pelaksanaan pembinaan kepribadian keagamaan islam menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan, peningkatan spiritual, dan perubahan perilaku. (3) Faktor pendukung pelaksanaan pembinaan kepribadian keagamaan islam yakni tersedianya sarana dan prasarana yang cukup memadai, pembina/penyuluh yang berkompeten, semangat dan kemauan dari warga binaan, serta jadwal yang tersusun dengan baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah berasal dari diri warga binaan, kurangnya motivasi dalam diri warga binaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keagamaan Islam, Lembaga Pemasyarakatan, Pembinaan
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Non Formal
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 04 Feb 2025 07:24
Last Modified: 04 Feb 2025 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85317

Actions (login required)

View Item View Item