PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK PEMBELAJARAN MATERI PERKALIAN DUA MATRIKS DI KELAS XII SMA

Nora, Surmilasari (2012) PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK PEMBELAJARAN MATERI PERKALIAN DUA MATRIKS DI KELAS XII SMA. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-8. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 67.pdf

Download (129kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis konstruktivisme untuk pelajaran matematika materi perkalian dua matriks yang valid, praktis, dan efektif di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri 6 Palembang yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan tes. Wawancara dilakukan untuk mengetahui gambaran tentang kevalidan, tahap small group dilakukan untuk mengetahui gambaran tentang kepraktisan LKS, observasi dilakukan untuk mengetahui gambaran tentang aktivitas siswa saat belajar dengan menggunakan LKS, sedangkan tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa setelah belajar dengan menggunakan LKS berbasis konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan penilaian dari pakar konstruktivism, guru dan pemerhati matematika, LKS berbasis konstruktivisme dikategori valid. (2) tahapan small group menggambarkan kepraktisan LKS. (3) Berdasarkan observasi aktivitas siswa penggunaan LKS berbasis konstruktivisme dalam kategori sangat baik (81%), sehingga LKS memiliki potensial efek terhadap aktivitas siswa. Hasil belajar siswa tahap field test yaitu dengan rata-rata 82 termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci: LKS, konstruktivisme, hasil belajar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: LKS, konstruktivisme, hasil belajar
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 11 Dec 2012 00:52
Last Modified: 11 Dec 2012 00:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8523

Actions (login required)

View Item View Item