PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE CANVA UNTUK MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIAKU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA KELAS V SD NGOTO

Anggita, Winda (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE CANVA UNTUK MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIAKU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA KELAS V SD NGOTO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Winda Anggita_20108241092_Naskah Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan multimedia interaktif berbasis website Canva untuk materi keragaman budaya Indonesiaku mata pelajaran pendidikan pancasila pada kelas V SD Ngoto; (2) Mengembangkan multimedia interaktif berbasis website Canva untuk materi keragaman budaya Indonesiaku mata pelajaran pendidikan pancasila pada kelas V SD Ngoto yang layak dan praktis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kelayakannya multimedia interaktif berbasis website Canva dinilai oleh ahli media dan ahli materi, sedangkan kepraktisan media dinilai oleh 20 peserta didik dan 1 guru kelas VA SD Ngoto. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan produk yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate; (2) Pengembangan produk multimedia interaktif berbasis website Canva untuk materi keragaman budaya Indonesiaku mata pelajaran pendidikan pancasila pada kelas V SD Ngoto dinyatakan layak dan praktis. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi materi yang memperoleh rata-rata skor 4,8 dengan kategori “sangat baik” (layak) dan hasil validasi media yang memperoleh rata-rata skor 4,8 dengan kategori “sangat baik” (layak). Hasil uji coba oleh praktisi memperoleh skor ratarata 4,8 dengan kategori “sangat baik” (praktis), sedangkan pada uji coba kelompok awal memperoleh rata-rata skor 4,48 dengan kategori “sangat baik” (praktis). Kemudian hasil uji coba lapangan memperoleh rata-rata skor 4,58 dengan kategori “sangat baik” (praktis). Kata kunci: Kelas V, Keragaman Budaya Indonesiaku, Multimedia Interaktif, Pendidikan Pancasila, Website Canva.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Feb 2025 03:17
Last Modified: 04 Feb 2025 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85223

Actions (login required)

View Item View Item