PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI CEBONGAN PADA MATA PELAJARAN IPA

Putri, Nuraini Amalia (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI CEBONGAN PADA MATA PELAJARAN IPA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_PGSD_Nuraini Amalia Putri 20108244049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas lima SD Negeri Cebongan pada mata pelajaran IPA materi zat tunggal dan campuran. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Peneliti menggunakan dua kelas penelitian, yakni satu kelas eksperimen (model PBL) dan satu kelas kontrol (model saintifik). Pengumpulan data peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari hasil skor nilai pretest dan posttest. Teknis analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan kriteria: Jika sig > α (0,05), maka H0 diterima, H1 ditolak. Jika sig < α (0,05), maka H0 ditolak, H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa model PBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas lima SD Negeri Cebongan Pada Mata Pelajaran IPA materi zat tunggal dan campuran, karena hasil uji Hipotesis diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.001 < 0,05 pada tabel equal variances assumed, dengan ketentuan jika sig (2-tailed) > α (0,05), maka H0 diterima, H1 ditolak. Dan jika sig (2-tailed) < α (0,05), maka H0 ditolak, H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas lima SD Negeri Cebongan pada mata pelajaran IPA materi zat tunggal dan campuran. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, IPA, Model Pembelajaran Problem Based Learning, , Zat Tunggal dan Campuran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Feb 2025 04:11
Last Modified: 03 Feb 2025 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85183

Actions (login required)

View Item View Item